Rabu, 05 November 2014

Doa Untuk Melunasi Hutang

Doa Untuk Melunasi Hutang

Segala puji bagi Alloh..sholawat dan salam untuk Rosululloh..
Saudaraku seislam yang saya sayangi..berikut di antara doa yang diajarkan Nabi kita agar Alloh melunasi hutang-hutang kita..

Dari Abu Wail berkata: “Ada seorang (budak) laki-laki datang kepada Ali bin Abi Tholib rodhiyallohu ‘anhu dan berkata, :
 “Wahai amirul mukminin, saya tidak mampu melunasi uang syarat pembebasan saya, maka bantulah saya!”
Mendengar hal itu, Ali bin Abi Thalib berkata, :
“Maukah engkau apabila aku ajarkan kepadamu beberapa kalimat yang telah diajarkan Rosululloh - صلى الله عليه وسلم  - kepadaku. 
Dengan do'a itu, seandainya engkau memiliki hutang sebesar gunung Shobir niscaya Alloh akan membayarkan hutangmu. 
Bacalah:  
اللهُمَّ اكْفِنِي بِحَلالِكَ عَنْ حَرَامِكَ، وَأَغْنِنِي بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ
Allohummak-finii bihalaalika 'an haroomik(a), wa aghniinii bi fadhlika 'aman siwaak(a)
“Ya Alloh, cukupilah aku dengan rizki-Mu yang halal sehingga aku terhindar dari  yang haram dan kayakanlah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak membutuhkan pemberian dari selain-Mu.”
[HR. Tirmidzi no. 3563, Ahmad no. 1319 dan Al-Hakim no. 1973 dihasankan Syaikh Al Albani rohimahulloh dalam Shohiihut Targhiib wat Tarhiib no. 1820]

Aisyah rodhiyallohu 'anha bertanya, :
“Wahai Rosululloh, engkau sering sekali berlindung dari hutang.”
Maka beliau menjawab, :
“Jika seseorang telah berhutang, maka jika berbicara niscaya ia (bisa) berkata dusta dan jika berjanji niscaya ia bisa mengingkari.”
[HR. Bukhori no. 832 dan Muslim no. 589]

Semoga Alloh membebaskan kita dari semua hutang-hutang kita sebelum kita masuk liang kubur..ingatlah hidup tanpa hutang itu nikmat dan salah satu sebab keamanan kita di hadapan Alloh..

Wa shollallohu wa sallama 'alaa Nabiyyinaa Muhammad

Ustadz Faisal

Catatan Tambahan Dari Ustadz Aviv :

Benar .. hidup tanpa hutang lebih menenangkan..oh ya doa ini juga bagus untuk memiliki kemampuan financial freedom..sehingga kita tidak  tergantung lagi kepada yang selain Alloh..namun dari pengalaman doa itu ibarat burung , dia baru bisa terbang  sampai ke yang Maha Tinggi harus punya 2 sayap ... sayap pertama ikhtiar sayap kedua sodaqah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar