Senin, 25 Maret 2013

Abu Bakar Sidiq

Dilahirkan pada tahun 573 M dengan nama lengkap Abdullah Ibnu Abi Quhafah A-Tamimi. Nama Abu Bakar adalah pemberian Rasulullah SAW karena  segera masuk Islam, sedangkan gelar as-Sidiq (yang amat membenarkan) karena beliau selalu membenarkan apa saja yang disampaikan oleh Rasulullah SAW.

Sebelum masuk Islam Abu Bakar adalah seorang pedagang yang sukses. Kejujuran dan kesucian hatinya membuatnya selalu berhasil dalam berdagang. Di masyarakat Quraisy ia terkenal sebagai hartawan yang dermawan. Setelah agama Islam dibawa oleh Rasulullah, Abu Bakar segera menerima dan memeluknya dan kekayaannya kemudian diserahkan untuk kepentingan siar agama Islam.
http://kitaabun.com
Abu Bakar selalu setia mendampingi Rasulullah, tidak gentar dengan segala ancaman kafir Quraisy. Kemanapun Rasulullah pergi, Abu Bakar selalu melindungi dan menemani. Beberapa contoh betapa Abu Bakar sangat membela dan melindungi Rasulullah, yakni :

1. Pada waktu Rasulullah sedang melakukan sholat, tiba-tiba seorang kafir quraisy yang bernama Uqbah bin Abi Muith menjerat leher Rasulullah, melihat Rasulullah dalam bahaya, Abu Bakar dengan sigap dan tangkas mendekati Uqbah lalu membantingnya.

2. Pada waktu Rasulullah akan hijrah ke Madinah Abu Bakar minta izin untuk menemani beliau pada saat Rasulullah dan pengikutnya mengalami tantangan yang sangat hebat dari kafir Quraisy.

3. Pada waktu peristiwa Isra’ mi’raj, Rasulullah menceritakan kepada penduduk Mekkah, kafir Quraisy langsung menolaknya, dan ketika disampaikan kepada Abu Bakar dia langsung mempercayainya, bahkan peristiwa lebih aneh dari itu kalau bersumber dari Nabi Muhammad aku percaya, kata Abu Bakar.

4. Pada waktu menghadapi perang Badar, Abu Bakarlah yang pertama menjawab kesiapan pasukan kaum muslimin yang pada waktu itu pasukan kaum muslimin hanya berjumlah 300 dan kafir quraisy berjumlah 1000 orang dengan senjata yang lebih lengkap.                                                  

(B. Rochmi)

sumber : Buletin Al Mujahidin 02/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar