Kamis, 02 Mei 2013

Olah Raga Rutin

Banyak orang bosan berolahraga karena tak sabar menunggu hingga manfaat jangka panjangnya terasa. Padahal ada juga manfaat jangka pendek yang bisa langsung dirasakan, semisal memperbaiki mood sehingga bisa tersenyum sepanjang hari.
Sebuah penelitian di Pennsylvania State University menunjukkan, olahraga rutin selama 15 menit tiap pagi bisa meningkatkan mood atau suasana hati yang positif. Pikiran menjadi lebih jernih, sehingga wajah akan tampak lebih cerah dan selalu dihiasi senyum manis. Manfaat jangka pendek sering terabaikan, karena orang cenderung berolahraga untuk mendapatkan manfaat jangka panjang yang tidak bisa langsung dirasakan seperti menurunkan berat badan, memperbaiki postur tubuh dan meningkatkan kekuatan otot.
Karena tidak bisa langsung merasakan manfaat jangka panjang maka orang cenderung bosan lalu berhenti berolahraga pagi.
 Dalam penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Sport and Exercise Psychology ini, hasil pengamatan menunjukkan, makin banyak melakukan olahraga rutin, makin bagus pula manfaatnya dalam meningkatkan pikiran-pikiran positif seperti rasa bersyukur, bahagia dan makin percaya diri. Dugaan para peneliti karena ada perubahan komposisi kimiawi di otak dimana perubahan terjadi justru  karena olah raga ringan selama 15 menit secara rutin setiap hari.
Menshealth.com

sumber : Buletin Al Mujahidin 12/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar