Senin, 13 Mei 2013

Akhlaqul Banin (2/3) - KEWAJIBAN ANAK TERHADAP NABINYA

  1. Ketahuilah sesungguhnya Nabi memiliki hak yang besar atasmu, dan haknya Nabi adalah yang terbesar setelah Allah dan beradab kepada Nabi sangat ditekankan dan sangat wajib, Beliaulah yang membawa agama islam dengan perantaranya kamu mengetahui Tuhanmu, kamu dapat membedakan yang halal dan haram, dan sungguh kamu tidak mampu membalas selamanya, maka diwajibkan atasmu mencintainya dengan cinta yang tulus. Sebagaimana dalam hadis:
“ Tidaklah beriman seseorang diantara kalian, sampai saya (Nabi) lebih dicintai dibandingkan kecintaan kepada anaknya, ayahnya dan manusia yang lain”.
  1. Dan sungguh sebagai tanda cinta terhadap Tuhanmu adalah dengan mencintai Nabinya dan mengikuti perjalanan hidupnya, sebagaimana firman Allah SWT:
“ Katakanlah Jika kalian mencintai Allah maka  ikutilah Aku, pasti Allah akan mencintai kalian”
Cintai juga keluarga beliau, dan sahabat-sahabat, serta seluruh umatnya, sebagaimana dalam hadis:
“ Cintailah Allah yang telah menganugerahkan nikmatnya yang besar kepada kalian, dan cintailah aku karena kecintaan kepada Allah, dan cintailah Ahlul Baitku karena kecintaan kepadaku ”
Dan dalam hadis yang lain:
“ Jagalah aku dengan sahabatku, dan jangan jadikan mereka sasaran diskriminasi  setelah diriku, barang siapa yang mencintaiku maka aku akan mencintainya, dan barang siapa yang membenciku maka aku akan membencinya ”
Dan dalam hadis yang lainnya:
“ Tidaklah beriman seseorang diantara kalian sampai dia mencintai dirinya sendiri “
  1. Dan taatilah Nabi kalian dalam setiap perkara, seperti firman Allah:
“ Siapa yang taat kepada Rasul maka taat kepada Allah ”
“ Dan apa-apa yang diperintahkan Nabi ambilah atau ikutilah dan apa-apa yang dilarang Nabi maka tinggalkanlah “
Dan dari bentuk ketaatan itu adalah kamu menolong agamanya dengan ucapan dan perbuatan , membela syariatnya dengan segenap kemampuan dan hendaknya bersholawat atasnya sebagaimana yang diperintahkan Allah dalam firman-Nya:
“ Sesungguhnya Allah dan Malaikat-Nya bersholawat atas Nabi. Wahai orang yang beriman bersholawatlah atasnya “
Dan khususnya bersholawat pada malam jum’at dan hari jum’at nya, sebagaimana dalam hadis:
“ Perbanyaklah kalian sholawat kepadaku setiap malam jum’at dan pada hari jum’at nya, barang siapa yang melakukannya aku akan menjadi saksi untuknya dan memberikan syafaat di hari kiamat “
to be continued

Sumber : Ustadz Djuned Gamaruddin
Edit tata letak oleh abiiba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar