Senin, 06 Mei 2013

WASPADAI Berat Badan Anda

Banyak orang khawatir perutnya akan membuncit seiring bertambahnya usia. Namun beberapa penelitian terakhir menemukan cara mudah dan menyenangkan untuk bantu atasi masalah tersebut. Para peneliti mengatakan bahwa bersepeda 5 menit per hari bisa mengurangi tambahan berat badan seiring usia yang bertambah. Studi ini dilansir oleh jurnal “The Archives of Internal Medicine” yang berlangsung selama 16 tahun, terhadap 18.400 perempuan, ini melihat perubahan berat badan para responden antara tahun 1989 - 2005. Mereka menemukan bahwa bersepeda memiliki efek serupa dengan berjalan kaki  yakni mengurangi risiko penambahan berat badan.
Hal ini paling terlihat pada perempuan yang memang sudah kelebihan berat badan dan atau obesitas. Apalagi saat mereka menambah waktu bersepedanya hingga 30 menit per hari, mereka menahan bobot tubuhnya untuk tidak bertambah, dibandingkan perempuan lain yang ukuran tubuhnya normal tetapi tidak bersepeda, rata-rata naik sekitar 3,5 kg sejak studi dimulai. Perempuan yang bersepeda setidaknya 5 menit perhari berhasil menahan kenaikan berat badan sekitar 0,75 kg ketimbang responden yang tidak bersepeda sama sekali. Sama halnya dgn berjalan kaki, asalkan berjalan kakinya dilakukan dgn kecepatan menengah ke tinggi, bukan santai.




Perempuan yang menambah jam olahraga berjalannya hingga 30 menit per hari dgn kecepatan sekitar 4,8 kpj secara rata-rata berhasil mencegah penambahan berat badan sekitar 2 kg dibanding mereka yg tidak olahraga jalan kaki. Ini berarti, Anda bisa mendapatkan efek kesehatan sekaligus saat Anda butuh mobilisasi. Kedua olahraga tadi, bersepeda dan berjalan kaki bisa dijadikan taktik menjaga berat tubuh sekaligus penghemat waktu saat melakukan keperluan.

Detikhealth.com

sumber : Buletin Al Mujahidin 13/13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar