Sabtu, 06 April 2013

Hasan bin Ali bin Abi Thalib

Sayyidina Hassan bin Ali bin Abi Thalib R.A. adalah seorang tokoh Islam yang sangat dicintai oleh umat Islam. Sebagai seorang cucu Rasulullah SAW beliau adalah ibarat permata di masa hidupnya karena memiliki budi pekerti yang mulia dan terpuji.
Pada suatu hari Sayyidina Hassan duduk di muka pintu rumahnya tiba-tiba datang seorang pemuda Badwi lalu mencaci makinya dan juga kedua Ibu Bapaknya. Anehnya Sayyidina Hassan hanya mendengar saja tanpa sedikit pun berubah air mukanya atau membalas kata-kata caci maki itu.
Sayyidina Hasan berkata kepada orang itu “Wahai Badwi, Apakah engkau lapar atau dahaga ? atau Apakah ada sesuatu yang menyakiti hatimu ? Tanpa memperdulikan kata-kata Sayyidina Hassan, Badwi itu terus saja memaki-makinya. 
Oleh karena itu akhirnya Sayyidina Hassan pun menyuruh pembantu rumahnya untuk mengambilkan sebuah kantong yang berisi uang perak lantas diberikannya kepada Badwi itu sambil berkata : “Wahai Badwi, maafkanlah saya. Hanya ini saja yang saya miliki. Jika ada yang lebih dari ini tidak akan saya sembunyikan dari padamu”.
Sikap dan pelayanan Sayyidina Hassan itu akhirnya berhasil melembutkan hati Badwi tersebut.  Badwi itu menangis terisak-isak lantas sujud di kaki Sayyidina Hassan dan berkata : “Wahai cucu baginda Rasulullah SAW, maafkanlah aku karena berlaku kasar terhadapmu. Sebenarnya aku sengaja melakukan begini untuk menguji kebaikan budi pekertimu sebagai cucu baginda Rasulullah SAW yang aku kasihi.  Sekarang yakinlah aku bahwa engkau mempunyai budi pekerti yang mulia sekali.
 (www.islamic2u.net)

sumber : Buletin Al Mujahidin 06/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar