Kamis, 18 April 2013

Umar bin Sa’ad Tokoh Yang Tak Ada Duanya

Kaum Muslimin memberinya gelar  “Tokoh yang  tak ada duanya”.  Cukup meyakinkan kiranya, bahwa gelar ini diberikan secara bulat oleh para sahabat Rasul yang sama-sama mempunyai kelebihan, pengertian dan cahaya kebenaran.
Ayahnya Sa’ad Al-Qari ra, yang ikut menyertai Rasulullah dalam Perang Badar dan peperangan-peperangan lain sesudahnya. Serta setia memegang janjinya, sampai ia kembali menemui Allah karena
gugur sebagai syahid di pertempuran Qadisiah melawan Persia. Sa’ad Al-Qari ra membawa anaknya sewaktu datang kepada Rasulullah, hingga anak itu pun turut berbaiat dan masuk Islam.
Semenjak Umar bin Saad memeluk Islam, dan menjadi ahli ibadah yang tidak berpisah dari mihrab masjid, ia meninggalkan segala kemewahan dan pergi bernaung ke bawah sakinah atau ketenangan.

Ia selalu ingin menjadi yang terdepan.

Umar bin Sa’ad setiap shalat Jumat selalu berada dalam barisan pertama. Di medan jihad, ia selalu bergegas mengejar barisan terdepan, karena ia selalu mendambakan diri untuk mendapatkan syahid. Selain itu, ia tetap tekun memperbanyak amal kebaikan, kepemurahan, keutamaan serta ketakwaan. Ia seorang yang cepat menyadari kesalahan dan sering menangisi dosanya.

republika.co.id

sumber : Buletin Al Mujahidin 09/2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar